4 Kebiasaan yang Membuat Anak Memiliki Daya Tahan Tubuh Kuat (CaDok 1)

Halaman Rumah dengan Tanah by Revolusi Ilmiah
Pc 1. Halaman tanah (RobbyKW Properties)
Salatiga-Salam Sehat 
Pada seri pertama Catatan Dokter (CaDok) saya ini, saya akan membahas mengenai hal-hal yang sebaiknya dibiasakan oleh orang tua kepada anaknya. Alangkah bahagianya suatu keluarga memiliki anggota yang sehat dan kuat. Dimulai dari Kedua orang tua Ayah dan Bunda kemudian putra dan putri terbaiknya. Pada tulisan yang pertama ini saya ingin berbagi tentang bagaimana membiasakan anak memiliki daya tahan kuat, beberapa artikel, buku maupunpun tulisan dari senior, saya coba kumpulkan dan kompilasikan untuk selanjutnya bisa memberikan sedikit gambaran kepada Ayah dan Bunda sekalian supaya dapat menjaga putra dan putrinya untuk tetap fit, bugar dan sehat selalu.

1. Membiasakan untuk Makan Makanan dengan Gizi Seimbang
Makanan adalah sumber kehidupan, sehingga seorang Anak yang ingin tubuhnya tetap fit, bugar dan sehat, harus memiliki kecukupan gizi dalam makanannya. Makanan harus cukup Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin dan Mineral, sehingga bagi seorang Ayah dan Bunda sebaiknya mengetahui kecukupan kebutuhan zat-zat tersebut kepada sang buah hati. Tentang spesifikasi menu seimbang untuk anak sesuai dengan umur akan kita bahas pada CaDok (Catatan Dokter) edisi selanjutnya. Yang jelas Gizi Seimbang adalah prasarat dari kecukupan gizi yang sering kita dengar dengan 4 Sehat 5 Seimbang.

2. Membiasakan untuk Menjaga Kebersihan
Seringkali seorang anak suka bermain di tempat-tempat yang kurang bersih, apakah itu di lantai tanah, tanah berpasir, selokan maupun genangan air. Hal itu memang merupakan sifat dasar dari seorang anak mencari sesuatu yang baru dan mengasyikkan, apalagi ada teman sebaya yang menemani. Sebagai orang tua yang Bijak bukan berarti kita harus melarang seluruh aktivitas seorang anak, berikan ruang dan waktu untuk dia bermain, hanya kita harus mengkondisikan supaya lingkungan bersih dan segera memberikan nasehat yang baik apabila anak bermain pada lingkungan yang kurang bersih. Selanjutnya, setelah dia bermain biasakan untuk segera membersihkan tubuh, baik dengan cara mandi maupun mencuci tangan, diusahakan dengan sabun sebagai antiseptik, supaya tetap terjaga kebersihannya. Salah satu contoh kebiasaan yang baik untuk sama-sama kita terapkan, maupun kebiasaan menjaga kebersihan yang lain seperti menggosok gigi sesudah makan dan sebelum tidur, membersihkan dan merapikan tempat tidur, menyapu lantai dan halaman rumah setiap hari, harus kita biasakan baik kepada orang tua maupun anak sedini mungkin.

3. Membiasakan untuk Beristirahat yang Cukup dan Berkualitas
Istirahat yang dianjurkan adalah istirahat siang dan tidur malam. Pada umumnya, seorang anak melakukan aktivitas pagi dan sore yang banyak, baik itu belajar, bermain, menonton televisi maupun bercengkerama dengan keluarga, oleh karena itu untuk menjaga kesehatan dan terutama stamina sang buah hati, maka orang tua harus memberikan waktu istirahat yang cukup kepada anak. Biasakan untuk istirahat siang kurang lebih 1 jam dan tidur di malam hari minimal 6 jam, selain kita biasakan istirahat yang cukup, kita juga usahakan supaya istirahat tersebut berkualias dengan salah satu cirinya adalah setelah bangun tidur, anak tersebut merasakan tubuhnya nyaman dan fit, hal tersebut perlu diusahakan dan dibiasakan, pelajari baik-baik kebiasaan yang bisa menciptakan hal tersebut, bisa dengan memperdengarkan lagu-lagu klasik, mendongengkan cerita atau membaca buku yang bersifat rileks dan santai.

4. Membiasakan untuk Aktivitas dan Olahraga yang Teratur
Aktivitas fisik yang disarankan adalah aktivitas dengan intensitas sedang, jangan sampai seorang anak kurang ativitas maupun sebaliknya kelebihan aktivitas yang menyebabkan anak menjadi mudah lelah dan tidak sehat. Aktivitas sedang diantaranya olahraga jogging, lari-lari kecil, membantu pekerjaan rumah, berspeda, belajar dengan membaca. Salah satu yang penting dari aktivitas tersebut adalah membiasakan untuk olahraga sedang minimal 3 kali dalam seminggu. Umumnya anak yang suka dan sering berolahraga dia memiliki kecenderungan untuk sehat, tubuhnya tidak terlalu gemuk maupun kurus dan memiliki nafsu makan yang baik. Cara yang paling mudah adalah dengan orang tua memberikan contoh yang baik terhadap anaknya, ketika sang orang tua berolahraga, maka anak tersebut akan berusaha untuk mengikutinya.

Demikian sedikit uraian mengenai hal-hal yang harus dibiasakan orang tua kepada sang buah hatinya, dengan harapan mencetak generasi unggulan yang fit, bugar dan sehat. Apabila hal-ha tersebut dapat dibiasakan maka semboyan Sehat itu Mahal dapat kita ganti dengan Sehat itu Murah Meriah dan Menggembirakan. Semoga bermanfaat. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan.

dr. Agung Hari Wibowo
General Practitioner of Mangunsari Community Health Center, Salatiga

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »